Beli camera

Sebenernya udah lama benda ini saya idam-idamkan,tapi manusia boleh pengen,tapi kantong pula yg menentukan,sekian puluh bulan gw nabung tapi gak ke beli-beli,sampe-sampe gw pun putus asa,dan nyerah,karna memang kalau mau menggeluti DSLR itu ga murah.misalnya dari harga body only,sampe lensa,sampe tripod,filter,BG,slider,glidecame,drybox,tas,dll

Karna nyerah gw pun delet-deletin folder yg isinya tutorial,contoh video,sampai foto-foto fisik camera DSLR

Beberapa tahun berlalu,keinginan gw buat beli benda mahal tadi kambuh,

kambuh gara-gara saya kena racun traveling.

Karna gw tipe alone traveler,mangkanya gw butuh yg namanya DSLR,soalnya kalo saya sudah dilokasi,saya gak bisa ngapa-ngapain,gak bisa ngobrol atau becanda,ya karna sendirian,alhasil kegiatan paling pas yah foto-foto

Kenapa harus DSLR?

Gw milih DSLR dari segi argonomi dan kekuatan di lapangan,dan tentu saja ada fasilitas gonta-ganti lensa,dan manual exposure,aperture dll.

Tadinya saya kepincut sama mirorless nya fujifilm,yaitu XM-1

XM1

Dari kualitas gambar dia tajem dan ada emulsi film cirikhas fuji,harganya 7juta,lensa bisa digonta ganti,kalo primenya 16-55mm 4.5f kalo ga salah 😀

Bentuknya pun kecil,pas buat traveling.

Tapi lensa dia mahal-mahal,dan ga ada viewfinder.

Dan ga ada fasilitas timelapse.Dan buat rekam video kurang bagus katanya.

Tapi kalau milih XM-1 gw gak bisa main video,padahal kalo punya DSLR,gw bisa liputan event atau konser gitu.kan lumayan bisa nonton gratissss.pake ID pers dari kantor hehe

jadi balik lagi nyari DSLR,bukan mirorless.

OK,fix milih DSLR,nah sekarang milih type.(galau lagi)

awalnya gw nabung sampe ngencengin ikat pinggang sekenceng-kencengnya buat beli eos 70D.

yang katanya pro.tapi……………

harganya itu loh..12 juta.sebenernya gw udah ampir nyampe harga segitu,tapi,kalo semua tabungan diabisin,terus buat beli alat alat traveling yg lain mana?

ahirnya setelah mikir mikir,gw pun milih 550D (lagi)

kenapa?

1-karna gw udah pernah megang camera itu selama beberapa bulan,karna ada temen yg gadai.

2-videonya udah terbukti bagus,malah dulu ada komunitasnya,karna 550D ini DSLR canon pertama yg mengusung video,disebutnya aja REBEL! karna kecil tapi videonya HD cuy.

berhubung DSLR udah banyak yg mengusung video,ahirnya komunitas 550D ahirnya ganti nama jadi DSLR Cinematography Indonesia.

3- 550D gak pake LCD screen nya gak pake swifle,gak tau,kalao yg LCD bisa di puter puter gitu gw ngeri aja liatnya,rentan gitu,padahal kan enak kalo buat ngeker ngeker?

4-bisa diinstal magic lantern

5-MURAH! tapi sayang,udah discontinue 😦

berhubung udah gak diproduksi lagi,ahirnya gw beli 550D second.di kaskus.entah mimpi apa gw waktu sms yg jual,gak pake mikir lama langsung tawar menwar.

awalnya ada banyak pilihan,tapi gw tergiur sama satu thread.katanya kalao beli 550D bekas dia,banyak bonusnya,yaitu filter CPL sama UV,pembersih,card reader,triport,dan tas camera.plus lensa 50mm1.8 dan memory card yg udah kelas 10

wah banyak juga bonusnya,tapi pas gw DM yg jualan,ternyata udah di booking sama orang,lokasinya kalo gak salah jawa tengah,jauh,dan mesti paket.

tadinya gw udah pasrah,eh ternyata s penjualnya malah milih ngejual ke gw,katanya kalo paket paket gitu ribet,dan dia rugi di ongkir,jadi dengan minta keputusan dari ane,kalo mau dia bakal cancel jual ke orang jawa tengah itu.

gw pun kaya gak mau ngelewatin kesempatan ini,dan mengiyakan dengan harga yang dia kasih.

deal yah gan! | deal!

setelah deal delan gw pun cengo……

apa yg barusan gw lakuin? kok gw main deal deal aja? hahahaha

yaudahlah,gw kalo gak dikaya giniin kelamaan mikir dan gak beli-beli.udahlah! gak papa!

setelah bebrapa hari,si penjual minta cod,gw pun pas libur di rumah,bawa dan seorin duit tabungan gw ke bank. jadi di jalan gw gak bawa bawa duit cash.

setelah jam istirahat.si pedagang SMS lagi,ketemu dimana ni gan?

gw jawab sebelah halte busway monas aja.soalnya biar sama-sama tau dan emang paling deket dan gampang.

gw pun berangkat ke monas naik busway.setelah nyampe ,gw sms lagi kalo gw udah nyampe halte,ternyata sipenjual bilang kalo dia gak bisa nyhamperin gw,karna jalan deket halte monas itu gak boleh berhenti(parkir) dia bilang ke depan balai kota aja

gw pun nanya ke orang yg lagi jalan dimana letak balai kota,tapi malah gak tau.

ahirnya gw bilang ke sipedagang gw gak bisa ke balai kota,jaraknya jauh,soalnya gw jalan kaki.

ahirnya sipedagang nanya lagi dimana itu halte monas,gw jawab disebelah museum nasional.

ah ketemu di parkiran museum aja! saya pakai mobil panter,depanya ada banyak lampunya.

setelah nunggu,ternyata sang panther pun terlihat masuk ke museum.gw pun meluncur masuk ke museum,gw sms sipedagang biar ketemu gw di pas pintu masuk parkiran.

tapi sipedagang bilang kalo dia ada didepan tulisan museum.gw samperin,ternyata sebeneranya tadi dia yg lewatin gw pas gw duduk di pintu masuk parkiran.

setelah berkenalan,kita masuk lagi ke parkiran,yang letaknya di base floor alias bawah tanah.dan nyoba nyoba cameranya,gw gerogi ih,ketemu sama benda impian gw,buru-buru dan gak tau apa yg harus gw cek.

gw cek nyala,malah gw kaku pas ganti lensa,overall masih lumayan lah,karet sih emang udah pada kendor.

batre remotenya udah pada abis,tapi tetep dibawain,terus tripotnya dia bukain,dan masih berdiri,terus dia kasih memory card.gw pun jepret-jepret dan setingannya auto,gw gerogiiiii dan pengen cepet cepet udahan,soalnya PANASSSSS masalahnya ini didalem parkiran bawah tanah,engaaap.

yaudahlah,gw pun ngasiin duit ke sipedagang,baru deh basa basi asli mana dll.

setelah deal, kita pun pulang masing-masing.

malah setelah nyampe kantor kamera itu gak gw buka-buka.baru setelah udah pada pulang gw nyoba.dan aaaaahirnya gw punya camera!!!!!!!!

setelah beberapa bulan,baru deh kerasa kekurangan dari si 550D secon ini.

1- scrollnya keras!!! sampe sakit kalo gw nurunin shutter atau naikin iso

2-karet viewfinder suka lepas

3-SENSORNYA BERDEBU!!!

debuuuuuuuuuuuu

gw pasrah sama noda di sensor itu toh kalo protes ke sipenjual gak bakal bisa kamera gw balikin,ketauannya udah lama sih,ada niatan gw servis ke pasar baru jakarta,tapi ga ada waktu dan kayanya bakal mahal.gw pun pasrah.

gw pun iseng nyari tutorial bersihin sensor di youtube,ternyata ada! dan buat 550D!

ini tutorialnya

Agak degdegan juga sih,tapi aaaah gw harus coba! setelah step by step,gw berhasil ngebuka dan bisa liat sensor camera 550D gw,komponen yg sangat penting buat camera,kalo ini kotor atau kena minyak.atau basah,nasib camera bakal wasalam!

duuuh,gw takuuuut,eh ketakutan itu mulai sirna setelah gw bis liat si debu yg berbentuk garis itu dengan jelas dengan mata kepala gw sendiri! dia bertengger di sensor camera gw! nempel dengan asyiknya! gw pun gemes! gw ambil pembersih dari camera,yang bentiknya kaya cotton bud buat bersihin kuping,dengan degdegan gw tempelin lah ujung ujung kapa itu ke atas permukaan sensor tepat diatas debu tadi.

dan VOILA!!! DEBUNYA ILANG!! tadinya mau gw simpen itu debu,tapi ternyata dia ilang! entah nempel di kapas atau malah cuma bergeser di sensor.

tapi setelah proses pembersihan itu,gambar gw sekarang bersih dari debu sialan tadi! yehaaaa

thanks mas Burt Lao. kalo gada tutorial ini,kayanya gw ke pasar baru,dan kudu bayar lagi hahahaha

ilmu itu mahal yah!

dan sekarang alhamdulillah udah bisa memulai traveling (walaupun masih di kota sendiri) kalo foto-foto udah gak hawatir lagi sama batre yg cepet abis.soalnya dulu,kalo gw traveling atau jalan jalan naik motor,cuma bisa ambil foto pake camera BB,yg memang terkenal ngedrop.

semoga dengan punyanya camera DSLR ini,gw bisa traveling keliling indonesia! amiiiiin

One thought on “Beli camera

  1. This is the perfect site for everyone who would
    like to find out about this topic. You realize a whole lot its almost hard to argue with you (not that I actually would want to…HaHa).
    You definitely put a new spin on a topic which has been discussed for a long time.
    Great stuff, just great!

    Suka

Tinggalkan Balasan

